Platform Media Sosial untuk Branding


Sekarang, tanpa disadari sudah banyak merek (brand) yang berada di sekitar kita, hampir setiap harinya selalu bertambah semakin banyak dan beragam, mulai dari merek makanan, pakaian, alat-alat rumah tangga bahkan komunitas ataupun organisasi. Saat ini jasa pengelola media sosial menjadi alternatif para pebisnis yang tidak bisa mengelola bisnis mereka sendiri. Merek-merek tersebut datang dengan misi dan tujuan yang berbeda, dan merekapun juga membedakan dirinya dengan yang lain supaya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan yang lain. Sehingga mereka mempunyai identitas yang jelas, unik dan berbeda agar khalayak mampu mengenali mereka.



Artinya sesuatu boleh disebut merek jika bisa mengidentifikasikan sesuatu. Jadi merek sendiri tidak harus dan tidak melulu dikenakan pada sebuah produk, tetapi juga bisa dikenakan pada tempat, orang, perusahaan, negara, organisasi, komunitas dan lain sebagainya.

Semua kegiatan dan proses memperkenalkan merek kepada khalayak tersebut dinamakan branding. Dengan branding suatu merek bisa diperkenalkan pada khalayak yang lebih luas, bisa dideskripsikan secara lebih jelas dan detail dan bisa ditunjukkan keunggulan dan pembedanya dari merek lainnya. Sehingga khalayak mengenal dan ingat dengan merek yang dihasung melalui proses branding ini.

Berikut Beberapa Platform Media Sosial yang Sering Digunakan untuk Branding.

Facebook

Facebook didirikan pada 4 Februari 2004, telah mencatat lebih dari 37 juta pengguna serta ribuan jaringan bisnis. Facebook telah mengembangkan berbagai ragam aplikasi yang dapat diinstal para pengguna.Aplikasi-aplikasi inilah yang memberikan nilai tambah bagi Facebook. Aplikasi yang dikembangkan banyak yang mendukung bisnis dan pekerjaan seperti menjual atau membeli barang. Perkembangan jasa pengelola media sosial di indonesia juga cukup pesat.

Menjamurnya jejaring sosial seperti Facebook ini membuka peluang yang sangat baik bagi siapa saja untuk melakukan aktivitas marketing dengan lebih baik dan berbiaya yang relative murah (Lasmadiarta, 2011). Aktivitas marketing dan proses bisnis lainnya dengan menggunakan jejaring sosial Facebook dapat disebut juga sebagai E-Commerce.

Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang dapat digunakan sebagai media promosi suati produk atau jasa. Menurut Salamoon (2013) media sosial instagram diciptakan sehingga para pemilik smartphone akan merasa bahwa kamera yang terpasang di gadgetnya tidak sia-sia. Jangan khawatir harga yang dikeluarkan sesuai dengan hasil yang didapatkan. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik instagram itu sendiri.

Aplikasi instagram sekilas mirip dengan aplikasi Facebook dimana penggunanya bias melakukan upload foto dan memberik komentar. Instagram dan Facebook memiliki perbedaan yaitu Instagram sangat fokus pada tujuannya untuk menjadi mediator komunikasi melalui gambar atau foto. Melalui aplikasi ini, pengguna dituntut untuk memaksimalkan fitur kamera pada gadgetnya dengan maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Internet sebagai Media Komunikasi Bisnis

Alibi Sistem Aplikasi Kasir Diperlukan Buat Usaha Anda