Politik Media Sosial



Media massa dalam sistem makro merupakan subsistem di masyarakat yang dapat mengontrol dan membagikan pengetahuan.  Sistem pers adalah sub-sistem dari sistem politik, dan media massa memegang peranan penting di dalam kehidupan politik. Untuk kampanye politik menggunakanjasa social media management merupakan suatu strategi yang matang.

Politik disosialisasikan melalui media massa untuk mempengaruhi khalayak, memperoleh dukungan, maupun memperkecil permusuhan dalam suatu sistem politik masyarakat (Castells, 2007: 240). Negara demokratis perlu memiliki media yang bebas dan independen untuk pengembangan demokrasi yang mendorong semua kelompok yang ada di masyarakat dapat berpartisipasi dalam mencapai kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan.

Pencapaian tujuan dalam perpektif komunikasi politik yang integratif memerlukan jaringan komunikasi politik yang terpola. Jaringan komunikasi berkembang pesat dan mengalami perubahan karena didukung oleh pengintegrasian komputer dan teknologi komunikasi untuk mendukung proses sosial, budaya dan ekonomi dalam suatu sistem kolektif.

Jaringan komunikasi menawarkan satu jalan untuk saling bergantung, menciptakan ikatan diantara orang-orang yang ada di dalamnya melalui teknologi digital, kecepatan komunikasi dalam membangun pemahaman bersama untuk melakukan tindakan kolektif. Kecepatan akses komunikasi tersebut yang sekarang di manfaatkan jasa social media management untuk mendapatkan pelanggan.

Hernando Gonzales berkomentar kalau jaringan komunikasi ialah komunikasi yang mengaitkan pemuka- pemuka opini serta pengikut yang silih mempunyai ikatan komunikasi pada sesuatu topik tertentu, terjalin dalam sesuatu sistem sosial tertentu. 

Etintas politik menggunakan jaringan komunikasi buat kepentingan komunikasi politik, yang secara simpel dimaksud proses penciptaan, diseminasi serta anggapan data politik buat menggapai tujuan serta aksi politik tertentu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Internet sebagai Media Komunikasi Bisnis

Alibi Sistem Aplikasi Kasir Diperlukan Buat Usaha Anda

Platform Media Sosial untuk Branding